TEMU KARYA UJI PROFISIENSI BBPMGB LEMIGAS 2024

21 October 2024

Jakarta,16/10/2024 LEMIGAS mengadakan Temu Karya Uji Profisiensi Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi Tahun 2024 yang sukses diselenggarakan di Hotel Aryaduta, Bandung.

Temu Karya tahun ini dihadiri oleh 167 perusahaan dengan total 266 peserta dari berbagai sektor komoditi, mulai dari BBM, BBN, pelumas, gas, crude oil, Air Formasi, hingga alat ukur seperti termometer digital, pressure gauge, Test Gauge, Oven, Anak Timbangan, Labu Ukur dan Timbangan Analitik. Kegiatan ini menjadi wadah bagi para peserta untuk menerima hasil uji profisiensi yang telah diikuti, sekaligus membahas perkembangan terbaru dalam hal pengujian dan kalibrasi.

Temu Karya menjadi acara puncak dari rangkaian panjang program uji profisiensi yang melibatkan berbagai tahapan. Proses yang dimulai dari penyiapan sampel atau artefak uji profisiensi kemudian didistribusikan dan disirkulasikan ke laboratorium peserta untuk dilakukan pengujian. Hasil dari pengujian yang dilaporkan dan dievaluasi secara menyeluruh akan mengghasilkan laporan. Dari sekian tahapan, hasil dari seluruh proses tersebut akan dipaparkan secara terbuka dan laboratorium para peserta uji dapat melihat performa laboratorium mereka masing-masing dalam konteks uji profisiensi.

Acara ini juga menyediakan ruang untuk diskusi interaktif terkait pengujian dan kalibrasi. Diskusi ini membahas tantangan yang dihadapi oleh laboratorium-laboratorium peserta dalam memastikan keakuratan dan konsistensi pengujian maupun pengukuran, serta bagaimana penerapan teknologi terbaru dapat membantu peningkatan performa laboratorium. Ada juga terdapat pemaparan dari narasumber-narasumber yang kompeten dan berkepentingan terkait hasil uji profisiensi, adapun narasumber tersebut berasal dari Direktorat EBTKE KESDM, BSN SNSU dan dari LEMIGAS.

Kegiatan tahunan yang dilaksanakan LEMIGAS ini tidak hanya berfungsi sebagai forum untuk bertukar pengetahuan, tetapi juga menjadi sarana untuk mendorong perbaikan berkelanjutan di bidang pengujian dan kalibrasi. Dengan adanya evaluasi hasil dan diskusi yang mendalam, diharapkan para peserta dapat meningkatkan wawasan dan strategi baru yang dapat diterapkan dalam operasional sehari-hari.

Tujuan Utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi teknis laboratorium peserta, Jaminan mutu, serta memperkuat standar mutu industri pengujian dan kalibrasi di Indonesia.

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami