Pastikan Gas In di KIT Batang Aman, Kepala LEMIGAS Tinjau Langsung Operasional ORF Semarang dan Batang

30 July 2024

Guna memastikan pengaliran gas bumi untuk konsumen di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang berjalan aman, Kepala LEMIGAS Mustafid Gunawan meninjau langsung operasional Onshore Receiving Facility (ORF) Tambak Rejo Semarang dan Batang pada Jumat (26/7) lalu.

“Sebelum gas disalurkan kepada konsumen yang lebih luas, penting untuk dilihat bagaimana kesiapan dari masing-masing pipa penyalur. LEMIGAS wajib mengontrol apakah operasional dari masing-masing ORF berjalan lancar guna mendukung kegiatan industri di setiap konsumen ke depannya,” terang Mustafid.

Bersama dengan PT Pertamina Gas, LEMIGAS memastikan bahwa tekanan gas pipa yang berasal dari Lapangan Jimbaran Tiung Biru (JTB) harus berada di atas dari yang akan dialirkan ke konsumen. Selain itu, metering yang berada di ORF Batang juga dipastikan dapat berfungsi dengan baik.

Menteri ESDM, Kepala SKK Migas, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Direktur Utama PT PGN Tbk, serta jajaran manajemen baik lingkup Ditjen Migas maupun perusahaan terkait turut hadir dalam kegiatan tersebut. Adapun kegiatan ini juga bersamaan dengan peresmian pengaliran gas bumi (gas in) perdana oleh Menteri ESDM di mana keran pengaliran gas ke KCC Glass Indonesia, industri kaca lembaran asal Korea Selatan, secara resmi dibuka.  

Saat ini, terdapat 2 (dua) konsumen yang sudah resmi menggunakan gas untuk operasional industri. Adapun volume penyaluran yang tercatat per Juni 2024 yakni sebesar 0.74 MMSCFD untuk wilayah KIT Batang tersebut. (WP)

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami