LEMIGAS Selenggarakan Seminar dan Workshop “Rheology in Flow Assurance of Crude Oil”

11 October 2024

Pada hari Selasa, 8 Oktober 2024, Kelompok Kerja Pengujian Pengolahan Minyak Bumi, Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (BBPMGB) LEMIGAS menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Workshop yang bertemakan “Rheology in Flow Assurance of Crude Oil” yang diselenggarakan di perkantoran LEMIGAS Jakarta. Acara seminar dan workshop ini terselenggarakan atas kerja sama antara LEMIGAS dengan PT. Anton Paar dan PT. Equiva Ligand Indonesia. Seminar ini dihadiri oleh 70 orang peserta yang berasal dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), Perusahaan Chemical, Universitas/Perguruan Tinggi maupun Laboratorium Pengujian di bidang minyak dan gas bumi. Beberapa instansi yang hadir diantaranya PT Pertamina EP, Pertamina Hulu Energi, Pertamina Hulu Rokan, PT Bumi Siak Pusako, PT SPR Langgak, PT Luas Birus Utama, PT EON Chemicals, Eni Muara Bakau BV, Universitas Pertamina, PT Intertek Utama Services, PT Geoservices, dan sebagainya.

Seminar dan Workshop dibuka oleh Dr. mont. Drs. Anda Lucia, M.T. selaku Koordinator Pengujian Pengolahan Minyak Bumi yang mewakili Kepala BBPMGB LEMIGAS. Dalam pembukaan, Bapak Anda Lucia membacakan teks sambutan dari Kepala Balai LEMIGAS, “Rheology in Flow Assurance of Crude Oil memiliki peran yang sangat penting bagi kesuksesan industri minyak dan gas bumi, yaitu memastikan kelancaran fluida produksi, meminimalkan tantangan operasional dan memaksimalkan produktivitas. Rheology memiliki peran krusial dalam memahami sifat aliran crude oil. Penerapan ilmu ini membantu kita mengatasi masalah seperti wax deposition dan congealing yang dapat menghambat operasi. Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling bertukar pikiran, berdiskusi, berbagi best practice dan menjalin kolaborasi antar profesional di bidang minyak dan gas bumi. Kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama dalam pengembangan ilmu dan teknologi, sehingga kita bisa memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat luas”.

Seminar dan Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Rheology dan penerapannya dalam Flow Assurance crude oil.

Materi seminar dibuka oleh materi pengenalan terkait flow assurance oleh Muh Kurniawan, S.Si., M.T., Ph.D dari BBPMGB LEMIGAS. Selanjutnya Dr. Andre Braun dari PT Anton Paar Austria memberikan pemaparan tentang aplikasi reologi pada industri minyak dan gas bumi di Indonesia dan cara menginterpretasi reologi data.

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan pengalaman laboratory tour dan hands on di Laboratorium Kelompok Kerja Pengujian Pengolahan Minyak Bumi untuk melihat peralatan laboratorium yang mendukung pengujian flow assurance.

Kepala Balai LEMIGAS mengharapkan seminar dan workshop ini dapat memberikan pemahaman mengenai rheology. Selain itu, diharapkan pula kerja sama dengan PT Anton Paar dan PT Equiva Ligand Indonesia ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menyelenggarakan seminar dan workshop Rheology in Flow Assurance of Crude Oil di tahun-tahun mendatang.

Anda Memiliki Pertanyaan Lain Tentang LEMIGAS ?

Hubungi Kami