Kunjungi TBBM Badas, Arcandra Bahas Konverter Kit dan BBM Satu Harga

Selasa, 26 September 2017     13:53:39     superadmin     Umum     89x dilihat
Sebarkan:

SUMBAWA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Minggu (24/9) melakukan kunjungan kerja ke fasilitas Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Badas yang berlokasi di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kunjungan ini merupakan rangkaian agenda kerja Wamen Arcandra di Sumbawa, setelah sebelumnya mengunjungi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sumbawa kapasitas 50 Mega Watt.

Ketersediaan akses energi bahan bakar minyak dan listrik di Pulau Sumbawa sangat penting. Terutama dalam menunjang potensi ekonomi dan pariwisata di daerah Sumbawa. Dengan akses energi yang terjamin diharapkan dapat menarik investasi. Oleh karenanya kunjungan Wamen Arcandra ini salah satunya adalah dalam rangka menyerap aspirasi dan hambatan yang mungkin timbul terkait upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan energi.

Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan energi nasional adalah melalui pelaksanaan program konveter kit (konkit) BBM ke BBG untuk nelayan. "Program kita sebisa mungkin konversi dari BBM menjadi gas. Kita harapkan ke masyarakat bisa menggunakan lebih banyak (gas) dari pada BBM, karena kita kaya gas," ujar Arcandra.

Untuk tahun ini program konverter kit telah berjalan di beberapa daerah dengan target sekitar 16.000 unit konverter kit yang akan dibagikan kepada nelayan kecil. Sementara untuk di daerah Sumbawa tahun ini belum ada. Sumbawa sudah diproyeksikan menjadi daerah penerima manfaat konverter kit di tahun depan. "Dilihat dari datanya, (Sumbawa) akan ada (konverter kit) di 2018 nanti ya," ujar Arcandra.

Menyinggung pelaksanaan BBM Satu Harga di daerah yang terkendala transportasi, Arcandra mengatakan bahwa pemerintah bersama Pertamina terus melakukan upaya guna mempersingkat waktu distribusi. "Kendala ada di dermaga, (waktu) tunggu antrian yang lama, itu juga Pertamina sedang berusaha, untuk waktu yang begitu lama di dermaga ini kita stream lining," jelasnya.

Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Badas merupakan Terminal BBM yang melayani distribusi BBM di Kab. Sumbawa, Kab. Sumbawa Barat serta Bahan Bakar Khusus (BBK) Pertalite dan Pertamax untuk Pulau Sumbawa.

Pasokan BBM di terminal ini diperoleh dari TBBM Surabaya, Manggis dan Tanjungwangi. Jika terjadi kondisi stok BBM yang menipis dapat dipasok dari Bima atau Kupang. Area distribusi TBBM Badas mencakup 12 SPBU, dan industri yang tersebar di Pulau Sumbawa bagian barat dan Sumbawa Besar.(RAF)

Sumber: Kementerian ESDM

Tags: