Tentang Kami

1. SELAYANG PANDANG

LEMIGAS adalah lembaga/badan penelitian dan pengembangan ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) milik pemerintah yang beroperasi dalam bidang hulu dan hilir minyak dan gas bumi (migas) dan berperan besar dalam perkembangan industri migas melalui penelitian, perekayasaan dan pengembangan bidang migas. (PPPTMGB - Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi)

Lembaga ini didirikan pada bulan Juni tahun 1965 sebagai wujud dari kepedulian dan keinginan bangsa Indonesia agar sumber daya alam migas dapat dikelola dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat.

LEMIGAS melaksanakan penelitian - penelitian terapan untuk mengembangkan teknologi dibidang minyak, gas dan panas bumi. Kegiatan - kegiatan penelitian ini merupakan wujud tanggung jawabnya dalam memberikan sumbangan pemikiran dan pengetahuan kepada pemerintah dalam menentukan suatu kebijakan serta membantu memecahkan masalah - masalah dalam industri migas.

Komitmen kuatnya dalam menjalankan misinya ditunujukkan dengan program yang sedang dijalankan, yang sangat menentukan keberhasilan negara dalam pengelolaan energi, yaitu upaya penelitian dan pengembangan CBM (Coal bed Methane) untuk mendapatkan energi baru bagi kepentingan umum; pengembangan biodesel plant dalam rangka memproduksi biodesel sebagai energi alternatif untuk masa depan; membagun uji percontohan pencampur oli kendaraan atau LOBP (Lube Oil Blending Plant ); dan dalam bidang gas bumi. LEMIGAS juga memiliki Sistem Demonstrasi Gas (Gas Demonstration System) yang dapat mensimulasi system transportasi gas dari sumbernya sampai ke pengguna langsung.

Kemampuan LEMIGAS dalam melaksanakan tugas - tugas penelitian dan pengembagan dari hulu ke hilir merupakan nilai tambah, keunikan dan kekuatan yang memliki potensi besar untuk dimanfaatkan oleh semua pihak yang berkepentingan dalam bidang migas.


2. VISI DAN MISI

VISI

Terwujudnya LEMIGAS sebagai lembaga penelitian dan pengembangan yang unggul, profesional dan bertaraf internasional di bidang minyak dan gas bumi.

MISI

  1. Meningkatkan peran LEMIGAS dalam memberikan masukan bagi penyusunan kebijakan pemerintah guna meningkatkan iklim yang kondusif bagi pengembangan industri minyak dan gas bumi.
  2. Meningkatkan kualitas jasa penelitian dan pengembangan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
  3. Menciptakan produk unggulan dan mengembangkan produk andalan.
  4. Meningkatkan iklim kerja yang kondusif melalui sinergi, koordinasi, serta penerapan sistem manajemen secara konsisten.

 

3. PUBLIKASI

Sebagai bagian dari pemenuhan visi dan misi, Lemigas juga memiliki publikasi rutin untuk menyampaikan hasil penelitian kepada masyarakat luas terutama bagi mereka-meraka yang berkecimpung di dunia perminyakan.

Lemigas meyediakan dua jurnal yaitu Lemigas Scientific Contribution (LSC) dan Lembaran Publikasi Lemigas (LPL). Yang pertama disediakan untuk makalah-makalah dalam bahasa Inggris, sedangkan yang terakhir dalam bahasa Indonesia. Bukan berarti LSC merupakan hasil terjemahan dari makalah yang tercetak di LPL. Maksud dari ketersediaan kedua jurnal tersebut adalah untuk memberi keleluasaan lebih bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil karya mereka.

LPL dan LSC diterbitkan tiga kali dalam setahun, dan biasanya terbit pada bulan April, Agustus dan Desember. Sejarah keduanya sudah cukup panjang. LPL pertama kali diterbitkan tahun 1966 dan sepuluh tahun kemudian LSC pertama kali di publikasikan. Karena selama ini keduanya didanai oleh pemerintah, walau terbatas, diberikan cuma-cuma terutama ke berbagai perpustakaan, perguruan tinggi, maupun perusahaan minyak yang berkiprah di Indonesia. Rata-rata sirkulasinya sekitar 1000 eksemplar setiap terbit.

 

4. KEGIATAN PELAYANAN JASA PENERAPAN TEKNOLOGI

  1. Analisis Laboratorium
  2. Konsultansi Teknologi
  3. Perbantuan Tenaga Ahli
  4. Penyewaan Peralatan

 

5. KEBIJAKAN MUTU PPPTMGB "LEMIGAS"

PPPTMGB "LEMIGAS" menjamin bahwa dalam melaksanakan kegiatan litbang selalu berupaya memenuhi persyaratan standar dan kepuasann pelanggan, melaksanakan perbaikan berkelanjutan terhadap keefektifan sistem manajemen mutu, serta memastikan bahwa seluruh personel berperan aktif dan bertanggung jawab terhadap pencapaian sasaran mutu sesuai tugas fungsinya, bebas dari tekanan komersial, dan menjaga kerahasiaan.

SASARAN MUTU PPPTMGB "LEMIGAS" Periode 1 Januari 2013 - 31 Desember 2013:

  1. Minimal 95% dari seluruh pekerjaan yang diterima dapat diselesaikan tepat waktu.
  2. Keluhan Pelanggan maksimal 5% dari seluruh pekerjaan yang diterima dan tindakan perbaikan maksimal 25 hari.
  3. Peningkatan kompetensi personal minimal 35 (tiga puluh lima) orang melalui sertifikasi personel.
  4. Terlaksananya program manajemen LK3 sebesar 75% dari objektif dan target.
  5. Tercapainya kegiatan Litbang minimal 90% dari target.
  6. Tersedianya Sumber Daya minimal 90% untuk mendukung pekerjaan tepat waktu.

 

6. SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS

  1. Suatu lembaga yang baik dan berkembang memerlukan sumber daya manusia yang bermutu dan andal. LEMIGAS terus berupaya mengembangkan kualitas SDM-nya untuk meningkatkan kompetensi teknis maupun nonteknis.
  2. Peningkatan kompetensi teknis dilaksanakan melalui pelatihan-pelatihan teknis, pendidikan formal sekolah, perguruan tinggi, dan sertifikasi personel dalam bidang teknik perminyakan serta laboratorium.
  3. Peningkatan kompetensi nonteknis dilaksanakan melalui pelatihan-pelatihan nonteknis yang mendukung peningkatan Emotional Quotients (EQ) seperti kepemimpinan, kerja sama tim dan lain-lain. 

 

Tags:   selangpandang