BLU "LEMIGAS" MENGADAKAN WORKSHOP EVALUASI MUTU MINYAK BUMI

4_171542741
This will be some description under the media in header

Jakarta, 19 Juli 2019 Badan Layanan Umum (BLU) LEMIGAS mengadakan Workshop Evaluasi Mutu Minyak Bumi yang dilaksanakan pada 16-19 Juli 2019. Hari pertama pembukaan workshop ini dibuka oleh Kepala BLU LEMIGAS Setyorini Tri Hutami, di Hotel Santika Premier Bintaro – Tanggerang Selatan.
Tujuan acara ini untuk memberikan pengetahuan evaluasi mutu minyak bumi dan pembekalan para peserta untuk memperoleh sertifikat kompetensi kerja petugas pengambil contoh minyak bumi sebagai persyaratan dalam pengambilan percontoh sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Pada Kesempatan ini Kapus “LEMIGAS” menyampaikan “Workshop ini merupakan kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya beberapa tahun lalu yang bekerja sama dengan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas, sehingga perlu untuk berbagi pengetahuan terkait Evaluasi Mutu Minyak Bumi (EMMB) kepada KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) sehingga mendapatkan pemahaman yang sama”.
Diadakannya workshop Evaluasi minyak bumi sangat penting dilakukan untuk menentukan mutu/karakteristik minyak bumi yang dihasilkan oleh sumber produksi maupun sumur yang baru di temukan. Hasil analisa mutu minyak bumi nantinya dapat digunakan sebagai strategi pengembangan dan pemanfaatan minyak bumi, menentukan harga minyak bumi dan kondensat dan sebagai data untuk kepentingan strategi nasional.
Wrokshop yang kembali dilaksanakan lagi, setelah sekian lama terhenti ini diikuti oleh 28 peserta perwakilan dari PT. Citic Seram Energy Limited, ExxonMobil Cepu Limited, PT. Medco E&P, Sarana Pembangunan Riau, Petronas Carigali Ketapang II, Muara Eni Bakau, PT. Wira Cipta Perkasa (Kangean), PHE OSES – Supraco, BOB-Pertamina Hulu, PHE WMO-Supraco, PT. Chevron Pacific Indonesia, dan PHE NSB Map.
Setelah berlangsung selama 2 hari di Jakarta dan mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di PPPTMGB “LEMIGAS” – Cipulir, kemudian dilanjutkan dengan ujian tertulis dan praktek pengambilan sampel minyak bumi di kilang minyak yang ada di PPSDM Migas –Cepu, Jawa Tengah pada 17-19 Juli 2019.
Selama berada di PPSDM Migas Cepu peserta workshop diberikan berbagai pembekalan teknis dan keselamatan kerja dilapangan sebagai pengambil conto crude oil dari tanki yang ada dikilang. Diharapkan setelah dari workshop ini peserta sudah siap menjadi tenaga teknis pengambil conto yang berkualitas dan memiliki sertifikat yang sesuai standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

USER LOGIN

Email :

AGENDA KEGIATAN