BADAN LAYANAN UMUM (BLU) "LEMIGAS" MELAKUKAN UJI JALAN BAHAN BAKAR BERSTANDAR EURO-4

4_171542741
This will be some description under the media in header

Setelah selesai melakukan tes uji statis chasis dan uji emisi di laboratorium, Badan Layanan Umum (BLU) “LEMIGAS” pada 15 Maret 2019 melakukan uji jalan Bahan Bakar Berstandar Euro-4 pada 3 Toyota Yaris dari berbagai jenis tipe, yang sudah menggunakan mesin berstandar bahan bakar Euro-4 sebagai kendaraan uji jalan. Pada 3 kendaraan ini dilakukan perbandingan dengan menggunakan 3 bahan bakar yang berdeda.
Uji jalan bahan bakar berstandar Euro-4 yang ditargetkan menempuh jarak 40.000 kilometer dibuka dan dilepas oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral Dadan Kusdiana didampingi Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) “LEMIGAS” Setyorini Tri Hutami, serta Kepala Pusat P3TKEBTKE, dan Sekertaris Badan Litbang ESDM.
Pelepasan Tim uji jalan bahan bakar Euro-4 Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan (KP3) Teknologi Aplikasi Produk PPPTMGB “LEMIGAS” dilaksanakan didepan Gedung KP3 Teknologi Aplikasi Produk Komplek Perkantoran PPPTMGB “LEMIGAS”, Cipulir – Jakarta.
Kapus “LEMIGAS” menyampaikan “Kegiatan uji jalan ini merupakan kerja sama “LEMIGAS”, PERTAMINA, dan TOYOTA yang bertujuan untuk mendapatkan bahan bakar yang setara dengan Euro-4 yang sudah diminta oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan melakukan pengujian rating 0-40.000 kilometer setelah dilakukan uji jalan ini”.
Tujuan dari uji jalan ini, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan bahan bakar berstandar Euro-4 dengan pertamax dan bahan bakar lain yang sudah ada dipasaran. Sehingga dapat mengetahui bagaimana pengaruh mesin kendaraan yang berbahan bakar Euro-4 terhadap kinerja mesin kendaraan bermotor, minyak pelumas, dan komponen mesin setelah dilakukan uji jalan.
Pelaksanaan uji bahan bakar Euro-4 yang dilakukan hingga 40.000 kilometer merupakan asumsi rata-rata jarak tempuh penggunaan kendaraan pribadi selama pemakaian satu tahun, dengan mengkombinasikan berbagai kondisi jalan seperti kondisi jalan keramaian, kondisi jalan macet dan kondisi jalan di ruas tol.
Uji jalan ini terbagi menjadi 3 tahap dan rute perjalanan. Rute pertama adalah Jakarta – Bogor – Pandeglang – Serang – Cilegon – Jakarta. Rute kedua adalah Jakarta – Cikampek – Bandung – Jarkarta. Rute Terakhir adalah Jakarta – Cikampek – Cirebon – Brebes – Tegal – Jakarta.
Uji jalan bahan bakar berstandar Euro-4 yang dilakukan PPPTMGB “LEMIGAS”, PERTAMINA, dan dukungan kendaraan dari TOYOTA dimulai sejak 20 Februari dan akan diperkirakan selesai pada 24 September 2019.

USER LOGIN

Email :

AGENDA KEGIATAN