LEMIGAS TAMPILKAN INOVASI ENERGI UNGGULAN PADA UJI TERAP DAN PAMERAN HASIL RISET DI CIREBON

4_171542741
This will be some description under the media in header

Sebagai salah satu Pusat Penelitian dan Pengembangan dibawah Badan Litbang ESDM, Pusat Penelitian dan Pengembangan Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”, ikut serta pada Uji Terap dan Pameran Hasil Riset di bidang Maritim yang dilaksanakan bersama Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan, Kota Cirebon pada hari Jumat, 18 Mei 2018.

Pagelaran hasil riset ini juga merupakan kerjasama penelitian dan pengembangan antar Kementerian dan Lembaga, diantaranya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Badan Standarisasi Nasional.

Acara dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, serta dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron, dan Kepala BSN, Bambang Prasetya. Kementerian ESDM diwakili oleh Kepala Badan Litbang, FX. Sutijastoto.

Selain memperkenalkan Konverter Kit untuk nelayan, LEMIGAS juga menampilkan hasil inovasi unggulan yang menggunakan prinsip konservasi energy, seperti Kompor BioEthanol, cocok digunakan di desa mandiri yang berbasis bahan bakar nabati seperti Aren dan Sorghum. Selain itu, LEMIGAS juga menampilkan Kompor DME (Dymethil Ether) yang dapat mensubstitusi LPG dengan memanfaatkan limbah rumah tangga.

Pusat Penelitian dan Pengembangan lainnya dibawah Badan Litbang ESDM, turut menampilkan produk inovasi unggulan seperti Tekmira yang menampilkan Gasifikasi Mini (Gasmin), yang merupakan teknologi pembakaran batubara ramah lingkungan cocok digunakan untuk industri pengeringan ikan yang menggunakan boiler.

PPPTEBTKE menampilkan Cold Storage tenaga surya yang bisa digunakan untuk menjaga kesegaran hasil tangkapan nelayan. Dan ada juga pompa air tenaga surya, yang sangat cocok untuk daerah terpencil yang sulit air maupun untuk kebutuhan tambak ikan.